Sabtu, 26 Maret 2016

Produk Tabungan

Tabungan

Di Indonesia perbankan memiliki beberapa jenis-jenis tabungan. Perbedaan jenis tabungan ini terletak dari fasilitas dan manfaat yang diberikan kepada nasabah. Maka nasabah mempunyai banyak pilihan. Masing-masing bank menerbitkan berbagai produk dengan berbagai fasilitas dan bunga yang ditawarkan. Namun pada umumnya jenis-jenis tabungan yang tersedia dapat dikategorikan sebagai berikut :

Tabungan Konvensional

Jenis tabungan ini paling populer karena mudah dan cepat proses aplikasinya. Hampir semua masyarakat Indonesia memiliki tabungan jenis ini. Tabungan konvensional memudahkan para nasabah untuk menyimpan, menyetor dan mengambil uang mereka kapan saja. Mereka juga tidak perlu repot-repot datang ke Bank untuk melakukan semua transaksi tersebut. Selain mendapat nomor rekening dan buku tabungan, nasabah juga memperoleh kartu ATM yang memudahkan proses transaksi keuangan. Bahkan sudah terdapat aplikasi khusus gadget yang diterbitkan oleh masing-masing bank agar nasabah mudah untuk bertransaksi kapan saja dimana saja.
Setiap bulan rekening Anda akan dikenakan biaya administrasi yang besarnya berbeda-beda di setiap bank. Akan tetapi, tidak perlu khawatir uang Anda terus berkurang, sebab Anda pun akan mendapatkan bunga dari jumlah rekening tabungan tersebut. Bunga yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 0,5% hingga 2%. Setiap tabungan konvensional dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, walaupun bank tempat Anda menabung bangkrut, uang Anda di tabungan tetap akan dikembalikan.
Tabungan Berjangka

Adalah jenis tabungan lain yang memberikan keuntungan berkali lipat dibanding tabungan konvensional. Produk ini sering disebut tabungan berjangka atau deposito. Dalam tabungan deposito, nasabah bisa menarik uang hanya sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati yang biasanya sudah ditentukan paketnya oleh bank penerbit, kalau tidak, maka nasabah dikenakan pinalty. Untuk jangka waktu tabungan deposito, tersedia dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Bunga yang diberikan juga biasanya lebih tinggi bila dibandingkan dengan tabungan konvensional. Pada umumnya nasabah menabung pada jenis tabungan ini dengan jumlah yang besar karena mengharapkan bunga yang besar pula. Pada tabungan ini nasabah akan mendapatkan bukti tabungan berupa sertifikat deposito.
Tabungan Haji

Bagi Anda yang ingin berangkat haji dan butuh wadah menabung yang aman, rasanya pas memilih jenis tabungan ini. Dengan menyetorkan sejumlah uang secara rutin setiap bulan maka keuangan Anda lebih teratur dan lebih menjamin untuk berangkat haji. Tabungan haji mensyaratkan nasabah menyetor minimal Rp 100.000 setiap bulannya. Untuk lama dan besar jumlah setoran dibebaskan pada nasabah. Salah satu keunggulan tabungan haji ialah dilengkapi asuransi jiwa dan kecelakaan diri.
Bagi nasabah yang sudah mencapai saldo tabungan sesuai besar biaya yang dibutuhkan, maka dapat mendaftarkan diri untuk berangkat haji di kantor Kementerian Agama setempat. Lalu, nasabah akan mendapatkan nomor urut keberangkatan haji. Sambil menunggu giliran berangkat haji, nasabah bisa melanjutkan setoran tabungan hajinya, dan harus sudah lunas sebelum batas yang ditentukan oleh Kementerian Agama agar dapat berangkat haji.
Tabungan Investasi
Anda gemar bermain saham? Nah, tabungan ini sangat pas untuk Anda. Umumnya, tabungan ini digunakan untuk nasabah yang bertransaksi jual-beli saham. Tabungan ini hanya bersifat sebagai penampung uang yang akan digunakan untuk membeli saham, serta untuk menyimpan laba yang diperoleh hasil dari menjual saham. Untuk menyetor saldo ke tabungan ini, nasabah tinggal transfer uang ke rekening ini, tidak bisa dilakukan secara auto debit. Tabungan ini tidak dikenakan biaya administrasi. Pun demikian ia juga tidak memberikan bunga sama sekali.
Tabungan Pendidikan Anak
Kebutuhan anak terutama pendidikan menjadi kewajiban setiap orang tua. Di tengah tingginya biaya pendidikan, ada satu solusi yang mampu menjawab keluhan pasangan orang tua, yaitu tabungan pendidikan anak. Melalui tabungan ini Anda bisa menyetorkan sejumlah uang secara rutin setiap bulannya hingga jangka waktu yang ditentukan. Bunga yang diberikan bank biasanya lebih tinggi dari tabungan konvensional. Sistem setoran tabungan pendidikan anak pun dilakukan secara auto debit dari tabungan utama Anda di bank yang sama. Jadi, Anda tak perlu repot-repot untuk mentransfer uang ke tabungan pendidikan anak. Jumlah minimum setoran per bulan bervariasi tergantung bank penerbit tabungan tersebut.
Anda juga dapat melakukan setoran tambahan di luar setoran wajib tersebut dengan melakukan setoran langsung secara terpisah ke rekening tabungan anak. Keunggulan yang diberikan jenis tabungan ini ialah disertai asuransi. Jika, ternyata Anda meninggal di tengah-tengah masa tabungan pendidikan itu berlangsung, setoran Anda tiap bulannya akan tetap dilanjutkan oleh asuransi sehingga target uang yang dicanangkan tetap tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar